YPPI Bengkalis Miliki Dua Pengasuh Penghafal Al-Qur'an 30 Jus 

BENGKALIS (Surya24.com) – Hadir dengan konsep baru dan lebih kekinian, Yayasan Pesantren Pendidikan Islam (YPPI) di Kabupaten Bengkalis, memiliki dua pengasuh yang penghafal 30 juz Al Quran.

Ketua YPPI Bengkalis, Darma Firdaus Sitompul mengatakan, dengan hadirnya pengasuh yang penghafal Al Quran, diharapkan mampu menambah nuansa baru di yayasan tersebut.

“Ini sebagai salah satu wujud keseriusan pengurus yayasan yang baru, sehingga YPPI dapat bersaing dan bertranformasi menjadi pesantren unggulan di Riau, khususnya di Kabupaten Bengkalis,” kata Darma kepada awak media, Sabtu (5/3/2022).

Darma berujar, YPPI Bengkalis merupakan ponpes tertua yang ada di Kota Terubuk, yang berdiri pada tahun 1962. Kata dia, sudah banyak alumni yang berkontribusi bagi daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Bahkan ada juga yang menetap dan bekerja di luar negeri.

“Harapan dan tantangan besar bagi saya selaku ketua yayasan untuk membangkitkan kembali kejayaan YPPI di masa lalu dengan konsep-konsep pendidikan yang modern dan yang mengasikkan, sehingga menjadi salah satu barometer pesantren untuk di Riau ini,” ujarnya.

“Kita ingin menyampaikan kalau YPPI sekarang sudah berbenah. Kita sudah melengkapi asramanya dengan fasilitas tempat tidur, termasuk tampilan warnanya kita rubah supaya lebih sejuk,” imbuhnya.

YPPI kini juga menambahkan kegiatan ekstrakurikuler menjadi lebih inovatif dan lebih kekinian. Adapun kegiatannya, tahfidz Al Quran, pramuka, tilawah, tahsin, basket, voli dan karate. “Program-program seperti tahfidz 30 jus, tilawah dan tahsin, serta kitab kuning menjadi program unggulan YPPI,” katanya.

Khusus untuk pengasuh, kata dia, YPPI memiliki dua pengasuh yang hafal 30 juz Al Quran. Kedua pengasuh itu bernama Dedi Irawan dan Siti Rahmah. Dedi sendiri merupakan alumni pondok pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Ia pembina asrama putra di YPPI.

Sedangkan Siti Rahmah merupakan alumni ponpes Nurul Quran di Jogoroto, Jombang, Jawa Timur. Siti sebagai pembina asrama putri di YPPI. “Dengan hadirnya kedua pengasuh yang berlatarbelakang penghafal Quran, maka ini akan menjadi daya tarik bagi siswa-siswa yang akan menetap di asrama,” ujar Darma yang juga merupakan Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ini.

YPPI ini juga sudah memiliki fasilitas untuk menunjang sarana belajar, berupa sarana olahraga dan masjid. Dalam targetnya sebagai Ketua Yayasan, Darma akan berusaha menambahkan lagi sejumlah fasilitas di yayasan itu.

“Itu merupakan target saya selama menjadi ketua yayasan. Targetnya tentu saja akan membuat YPPI ini menjadi sarana pendidikan yang bisa mencetak alumni-alumni yang mampu berkompetisi dan berkualitas, serta berintregritas tinggi. Ditambah lagi harus mampu menjadi suri tauladan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sejak 2009, MA & MTS YPPI Bengkalis telah berakreditasi B. Saat ini YPPI sedang membuka pendaftaran mulai 1 Maret – 30 juni 2022. Lokasi pendaftaran bertempat di jalan Ahmad Yani, Bengkalis. Pendaftaran juga bisa melalui via WhatsApp, dengan cara menghubungi nomor 0823-8772-5259 dan 0823-8525-1736.(Andi)